Saturday, July 30, 2011

Laporan Praktik Klinik Asuhan Kebidanan Pada Ny “M” Dengan Persalinan Normal

Menurut data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia tahun 2007 (SDKI 2007), Angka Kematian Ibu di Indonesia sebesar 228 kematian/ 100.000 kelahiran hidup. Target yang ingin dicapai sesuai tujuan MDG ke-5, pada tahun 2015 AKI turun menjadi 102 kematian/100.000 kelahiran hidup.
Namun dalam perjalanan program ini, angka kematian ibu dan anak justru mengalami peningkatan. Hal itu diakui Koordinator Gerakan 3A dan jajaran Dinas Kesehatan (Dikes) NTB.menjadi 228 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2007, hal itu perlu ditafsirkan secara hati-hati mengingat keterbatasan metode penghitungan yang digunakan. Dari lima juta kelahiran yang terjadi di Indonesia setiap tahunnya, diperkirakan 20.000 ibu meninggal akibat komplikasi kehamilan atau persalinan.
Angka kematian ibu hamil dan melahirkan masih sangat tinggi ini dikarenakan tiga terlambat yaitu: terlambat mengenali bahaya, terlambat untuk dirujuk dan terlambat mendapat pertolongan yang memadai, selain itu adanya penyebab tak langsung yaitu status gizi ibu yang memprihatinkan (30% ibu hamil kurang gizi kronik, 51% anemia ), corak reproduksi yang kurang baik (14% kehamilan kurang dari 20 tahun, 12,7% terlalu tua untuk hamil, 17% jarak kehamilan kurang dari 2 tahun, 17% terlalu sering hamil) periksa hamil terlambat, pelayanan untuk ibu hamil dan bayi belum menjangkau 1,1 juta ibu dan bayinya. (2006).
Persalinan ditolong dukun sekitar 47,5%  (sekitar 2,3 juta). Hal-hal lain yang juga berpengaruh antara lain : pendidikaan ibu yang rendah (19% buta huruf, 72% SLTP kebawah), rendahnya kedudukan perempuan di dalam masyarakat dan budaya, kemiskinan dan hambatan jarak serta geografis ke tempat pelayanan rujukan. (Sarwono, 2006)
Selanjutnya kompetensi dan keterampilan dari bidan-bidan dalam memberikan asuhan yang tepat pada saat Persalinan juga turut andil dalam mengurangi angka kematian Ibu. Manajeman dan asuhan yang tepat dapat memberikan hasil yang maksimal bagi derajat kesehatan ibu dan bayi. Dengan demikian bagi para calon bidan perlu adanya persiapan dan latihan yang maksimal dalam memberikan asuhan pada persalinan.
Alasan – alasan tersebutlah yang medorong kami sehingga tertarik mengangkat judul kasus yaitu ”Asuhan Kebidanan pada Ny ”M” dengan Persalinan Normal di Puskesmas Narmada tanggal 19 Juli 2011”.


Download

Laporan Praktik Klinik  Asuhan Kebidanan Pada Ny “M” Dengan Persalinan Normal

0 comments:

Post a Comment